Booking Dokter Jantung di SehatQ.com: 6 Jenis Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Booking Dokter Jantung di SehatQ.com: 6 Jenis Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung tidak boleh diabaikan karena bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi semakin parah bahkan dapat menyebabkan kematian maka dari itu disarankan untuk segera booking dokter jantung untuk mendapatkan penanganan yang serius dan tidak memperparah penyakit. Penyakit jantung terdiri dari beberapa jenis dengan gejala dan penyebab yang berbeda-beda.

Jantung termasuk organ vital yang harus dijaga kesehatannya karena memiliki fungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh untuk mendukung agar semua organ tubuh bisa berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing secara normal dan tubuh juga akan tetap sehat.

Jenis Penyakit Jantung

  1. Aritmia

Aritmia merupakan gangguan irama jantung di mana detak jantung bisa lebih lambat, lebih cepat, atau bahkan tidak beraturan. Jantung tidak bisa bekerja dengan baik karena rangsangan yang mengatur detak jantung terganggu.

Aritmia biasanya bisa juga tanpa gejala namun terkadang juga ada gejala seperti pusing, cepat lelah, dada berdebar, nyeri dada, dan seperti akan pingsan. Penderita aritmia biasanya berisiko mengalami serangan jantung, jantung koroner, gangguan elektrolit, kardiomiopati, hipokalemia atau hiperkalemia.

  1. Jantung koroner

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah arteri yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke jantung mengalami penyumbatan dan penyempitan sehingga darah sulit mengalir. Keadaan ini umumnya terjadi karena kolesterol tinggi yang menyebabkan penumpukan serta pembekuan darah.

Arteri yang menyempit menyebabkan aliran darah menjadi terhambat sehingga aliran oksigen ke jantung juga ikut berkurang. Hal ini menyebabkan fungsi jantung menjadi menurun dan tidak dapat bekerja normal.

Gejala jantung koroner yaitu sesak napas, dada berdebar, nyeri dada, mual, keringat dingin. Nyeri dada ini bisa menyebar hingga ke lengan, punggung, tenggorokan, rahang, dan leher. Apabila dibiarkan maka dapat menyebabkan serangan jantung.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati dapat menimbulkan gangguan pada kekuatan dan bentuk otot jantung sehingga tidak dapat bekerja maksimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penderita Kardiomiopati biasanya terlahir dengan kondisi ini karena disebabkan oleh faktor keturunan dan kelainan genetik pada umumnya.

Selain itu, Kardiomiopati juga dapat disebabkan oleh hipertensi, jantung koroner, penuaan, dan gagal jantung. Biasanya gejala akan muncul jika penyakit sudah semakin parah seperti mudah lelah, kaki bengkak, sesak napas, nyeri dada, dan batuk-batuk.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi saat jantung mengalami kekurangan asupan darah dan oksigen sehingga membuat sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Gejala serangan jantung umumnya meliputi sesak napas, nyeri dada, dan keringat dingin. Serangan jantung harus segera ditangani karena dapat menyebabkan jantung berhenti mendadak.

  1. Tumor jantung

Penyakit ini menyebabkan tumbuhnya jaringan abnormal di dinding jantung yang bisa bersifat jinak atau ganas. Apabila tumor membesar maka bisa menyebabkan jantung kesulitan memompa darah. Gejala tumor jantung biasanya yaitu tekanan darah rendah, penurunan berat badan, mudah lelah, detak jantung tidak beraturan, pusing, dan pingsan.

  1. Gagal jantung

Kondisi ini menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah dengan baik karena terlalu lemah sehingga organ tubuh yang lain juga tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan gagal hati, edema paru, gagal ginjal, dan henti jantung. Kondisi gagal jantung biasanya disebabkan penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung bawaan, dan jantung koroner.

Jika mengalami gejala-gejala di atas bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari maka sebaiknya segera booking dokter jantung untuk segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat agar kondisi tidak bertambah parah.

Kesehatan