Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Gacor Panjang

Diposting pada

Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Gacor Panjang – Jenis Murai Batu atau nama latinnya Copsychus malabaricus adalah salah satu burung kicau seperti burung jalak dari keluarga Muscicapidae atau burung cacing dan genus Copsychus. Jenis Murai batu ini juga di kenal dengan sebutan Kucica hutan. Murai batu bisa di jumpai di hutan yang rapat atau hutan sekunder mulai dari daerah india, sri lanka, cina, dan asia tenggara. Di Indonesia sendiri dapat di jumpai mulai dari pualu sumatera, jawa, kalimantan, sulawesi dan papua.

Murai batu juga merupakan kelompok burung yang di kenal sebagai teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan wilayahnya. Para penghobi burung kicau menyebutkan bahwa jenis murai batu indonesia ialah yang terbaik dari beberapa jenis burung murai yang ada. Hal ini di buktikan dengan keunikan serta ciri khas suara yang tidak di miliki oleh burung impor seperti yang sudah di sebutkan di atas tadi, untuk Cara Merawat Burung Murai Batu pun memang lumayan sulit ketimbang burung lainnya.

Sementara, burung Murai Batu yang terpopuler di Indonesia, kebanyakan berasal dari pulau Sumatera, seperti burung jenis Murai Batu Lampung, burung Murai Batu Aceh, burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Sabang, burung Murai Batu Bordan, burung Murai Batu Bahorok, burung Murai Batu Balak, burung Murai Batu Lahat, burung Murai Batu Jambi, dan burung Murai Batu Nias.

Selain itu, terdapat juga beberapa jenis burung Murai Batu lain, seperti burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo, burung Murai Batu Irian, dan burung Murai Batu Jawa atau jenis murai batu Larwo, di bawah ini lengkap Cara Merawat Burung Murai Batu yang dapat sobat terapkan dirumah.

Perawatan Murai Batu
Perawatan Murai Batu

Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor

Burung murai di kenal sebagai burung yang cantik. Burung yang mempunyai ekor panjang ini juga memiliki suara kicauan yang merdu. Oleh karena itu, banyak penggemar burung menyukainya. Apalagi kalau burung ini sudah gacor harga jualnya pun bisa melambung tinggi.

Tetapi perawatan burung murai termasuk tidak mudah. Tidak jarang yang mengeluh burung murai yang di peliharanya gampang jatuh sakit. Nah, bagi kamu yang ingin merawat burung murai kamu bisa mengikuti Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Gacor Panjang berikut ini.

Lakukan pengembunan

Pengembunan atau sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah mengangin-anginkan burung pada pagi hari. Proses ini biasanya di lakukan sebelum burung di mandikan kurang lebih selama 30 menit. Tujuannya sebenarnya untuk memberikan kemampuan burung dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Memandikan burung

Bertujuan agar kondisi fisik buruk tetap terjaga dan dapat kebal dari berbagai macam penyakit. Untuk cara memandikan kamu bisa menggunakan semprotan,keramba atau cepuk yang berisi dengan air bersih.

Menjaga kebersihan sangkar

Rajin-rajinlah membersihkan kotoran yang ada didalam sangkar secara rutin minimal 1 kali sehari. Dan jangan lupa selalu ganti air minum burung kamu setiap harinya.

Berikan pakan yang tepat

Untuk masalah pakan sebaiknya berikan 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari dan ingat harus diletakkan pada cepuk, agar dia tidak menjadi manja.

Menjemur burung

Menjemur burung adalah salah satu perawatan yang sangat penting dalam membentuk kicau burung murai batu,. Jadi lakukan penjemuran secara rutin dan pada saat di jemur sebaiknya burung tidak boleh melihat murai lainnya. Lama penjemuran normalnya sekitar 1 jam saja. Sedangkan untuk waktunya sekitar jam 07.00-10.00 pagi.

Istirahatkan sejenak

Setelah selesai proses penjemuran sebaiknya burung diangi-anginkan sekitar 10 menit sebelum dimasukkan kedalam rumah atau kandang

Pemasteran

Waktu yang baik untuk melakukan pemasteran adalah pada jam 10.00 sampai jam 16.00. Karena pada waktu ini burung merasa lebih tenang jadi mudah untuk menangkap suara masteran burung. Untuk lamanya pemasteran dapat dilakukan sekitar 15 menit atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Amati karakter burung

Setiap burung tentunya berbeda-beda karakternya, seperti halnya porsi pakan, jenis makanan yang disukai dan juga perilaku atau kebiasaan harian si burung. Jadi pahami dulu karakter burung kamu sebelum memulai proses pemasteran maupun perawatan lainnya.

Lingkungan yang nyaman

Burung murai batu akan lebih mudah gacor jika berada pada lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya atau paling tidak tambahkan beberapa ranting kedalam sangkar agar burung murai batu merasa nyaman.

Artikel lainnya : Download Suara Burung Murai Batu Mp3

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba

Dalam cara perawatan murai batu untuk lomba harus dengan kesabaran, kerajianan, keuletan yang tinggi. Stamina burung murai harus di jaga agar stabil dan pada saat perlombaan burung mau gacor secara maksimal.

Sebelum membahas murai batu untuk perlombaan, kamu juga harus tahu bagaimana merawat murai batu pada kesehariannya. Karena burung Murai Batu yang sudah siap lomba harus melalui proses panjang perawatannya. Berikut ini cara merawat burung murai batu untuk lomba :

Perawatan Harian

  • Pagi sekitar jam 7.00 krondong burung di buka pada tempat yang teduh
  • Berikan 5 ekor jangkring
  • Berikan 2 sendok
  • makan kroto yang sudah di bersihkan
  • Jemur 1 sampai 2 jam (tergantung burung) karena tidak semua murai mau di jemur lama
  • Setelah di jemur, gantungkan (di anginkan) selama 20 menit lalu di tutup dan simpan di tempat yang teduh
  • Pada sore hari sekitar jam 15.00 buka krondong kemudian mandikan
  • Setelah di mandikan, beri 5 ekor jangkrik kemudian tutup kembali
  • Gantung yang tidak terlalu terang supaya burung bisa beristirahat dengan tenang

Note : Dalam cara untuk perawatan murai batu untuk lomba juara nasional pemberian vitamin sebaiknya jangan terlalu sering-sering. Cukup seminggu 2x, karena murai termasuk burung yang sensitive terhadap bau yang berlebihan. Jika berlebihan akan membuat murai tidak mau minum sehingga suaranya menjadi serak-serak.

Perawatan 1 Minggu sebelum perlombaan

  • Dari hari Senin s.d Rabu burung di rawat seperti harian biasa
  • Hari kamis porsi jangkrik di naikkan yang tadinya 5 menjadi 8 dan sorenya 7 jangkrik
  • Hari Jumat porsi jangkrik di naikkan menjadi 10 pagi dan 10 sore, di tambah 5 ekor ulat hongkong
  • Pada hari Sabtu porsi jangkrik di naikkan menjadi 15 pagi, 10 sore, dan di juga tambahi 5 ekor ulat hongkong dan kroto 2 sendok makan (pagi hari). Dan seharian itu burung jangan di mandikan/jemur, tetapi cukup di krondong di tempat yang teduh dan di beri makan
  • Pada hari Minggu pagi burung kita bisa memberikanya jangkrik 10 ekor, 5 ekor ulat hongkong dan kroto 2 sendok makan. Dan burung jangan di mandikan dan jauhkan dari tempat perlombaan, sehingga di harapkan saat krodong di buka energi burung masih full.

Perawatan setelah lomba

  • Pakan yang sebelumnya kita tambah, bisa di kembalikan seperti perawatan harian
  • Pemberian vitamin H+1 setelah lomba
  • Dan 2 hari setelah lomba, lakukan penjemuran murai batu selama 40 menit.

Baca Juga : Kumpulan Suara Burung Masteran

Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo

Cara merawat burung murai batu borneo tidak jauh berbeda dengan berung murai batu asal Sumatera. Hal yang terpenting adalah selalu memperhatikan kebutuhan mandi, jemur, dan pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF).

Berbicara tentang perawatan Murai Batu Borneo, kamu harus memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan hasil yng terbaik.

Ada hal yang harus kamu perhatikan ketika merawat burung murai batu borneo, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menyiapkan sangkar burung Murai Batu Borneo

Cara merawat burung Murai Batu Borneo harus kamu perhatikan mengenai sangkarnya. Pada umumnya, Murai Batu Kalimantan ini tidak perlu menggunakan kandang dengan bentuk yang tertentu.

Tetapi, kandang tersebut sebaiknya dalam kondisi yang bersih. Hal ini juga begitu penting supaya kandang tersebut bisa sehat dan nyaman untuk burung Murai Batu Borneo tinggal.

Selain memilihkan kandang yang tepat kamu sebaiknya juga harus mengeluarkan burrung dari kandang ketika waktu tertentu. Untuk waktu yang paling tepat yaitu sekitar jam 05.00 sampai jam 06.00. Karena pada jam tersebut udara masih terasa segar.

Pola makan untuk burung Murai Batu Borneo

Sebaiknya kamu juga harus terus memperhatikan pola makan untuk burrung Murai Batu Borneo yang paling baik. Menu makanan yang pas kamu berikan untuk burung ini adalah kroto. Sebaiknya kamu mempunyai kroto yang masih segar dan juga bersih.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memberikan makanan seperti halnya jangkrik. Berikanlah jangkrik sejumlah 25 ekor setiap harinya.

Pilih cara memandikan yang terbaik

Bagi kamu pecinta burung kicauan yang memelihara burung Murai Batu Borneo, kamu sebaiknya mengetahui juga tentang cara terbaik dalam memandikannya.

Cara merawat burung Murai Batu Borneo ini bisa kamu lakukan dengan cara memandikannya setiap hari. Akan tetapi jika burung sedang di siapkan untuk di lombakan, maka terlebih dulu kamu tidak memandikannya selama kurang lebih 2 hari sebelum berlomba. Hal ini sangat penting untuk di lakukan staminanya bisa tetap fit.

Cara Perawatan Burung Lainnya

Berikan multivitamin dengan tepat

Berikan multivitamin yang sekiranya cocok untuk burung murai batu borneo yang kamu pelihara. Dengan multivitamin tersebut, kesehatan serta kebugaran burung itu bisa menjadi selalu terjaga.

Nah, bagaimana sobat semuanya? Cukup mudah bukan cara perawatan murai batu agar gacor ? Tentunya, untuk mendapatkan suatu hasil yang maksimal maka persiapan yang baik haruslah di perhatikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *